Friday 25 January 2013

Sistem Suspensi Kijang


Suspensi menghubungkan body kendaraan dengan roda-roda, suspensi ini adalah sebuah sistem yang menunjang kenyamanan dalam berkendara, kareana suspensi memiliki beberapa komponen di dalamnya.Fungsi dari suspensi ini antara lain:

Suspensi dapat menyerap getaran, ayunan, dan guncangan yang diterima kendaraan saat berjalan ini sama dengan fungsi roda yang juga bisa menyerap getaran saat jalan dan menjaga kenyamanan penumpang

Suspensi menopang body kendaraan dan menjaga hubungan geometris yang benar antara bdy dan roda-roda.

Suspensi mengirimkan tenaga gerak dan pengereman yang diakibatkan oleh gesekan yang terjadi antara permukaan jala, antara chasis dan body.

Karena suspensi ini adalah sebuah sistem maka terdapat beberapa komponen di dalamnya antara lain:

Pegas, fungsinya yaitu meredam dan menetralkan getaran yang ditimbulkan dari jalan yang gelombang.

Peredam kejut (shock absorber), menjaga kenyamanan berkendara dengan membatasi ayunan atau gerakan pegas, peredam kejut pada umumnya mempunyai 2 jenis menurut media yang digunakan yaitu udara dan fluida(cair), maksudnya di dalam shock absorber ini ada udara atau cairan untuk menyerap semua getaran yang terjadi, untuk peredam kejut cair komponen ini bila di pakai dalam jangka waktu yang lama akan mengalami kebocoran juga, karena terdapat perapat oli yang bias aus karena pemakaian secara terus menerus.

Stabilizer, fungsinya mencegah kendaraan untuk tidak rool kesamping terutama saat membelok atau kendaraan melewati jalan yang tidak sama antara kanan dan kiri. Saat kendaraan membelok akan terjadi gerakan sentrifugal pada bagian luar kendaraan, dan fungsi dari stabilizer ini adalah untuk menahan supaya roda-roda tetap dekat dengan tanah.

Torsion beam, sebuah batang torsi yang fungsinya untuk menjaga atau mengikat komponen-komponen dalam sistem suspensi, menjaga dan mengontrol gerakan longitudinal roda-roda.

Ball joint,hanya terdapat pada suspensi bagian depan, fungsinya adalah sebagai poros untuk pergerakkan stering yang menghubungkan dengan roda-roda, ball joint ini menahan beban vertical dan horizontal

�da�Beberapa jenis pegas suspensi yang umun digunakan :

Pegas daun, jenis suspensi ini banyak sekali ditemukan di kendaran-kendaraan niaga, konstruksi nya yang sederhana dan kokoh sangat cocok digunakan untuk kendaraan yang mempunyai daya angkut misal truk dan kendaraan-kendaraan umum, walaupun suspensi diaplikasikan dalam kendaran kendaraan niaga ,namun karena konstruksinya yang kokoh membuat suspensi jenis kurang nyaman.

Pegas koil, mempunyai daya serap yang sangat bagus dan konstruksi yagn sederhana juga, digunakan untuk kendaraan-kendaraan penumpang atau kendaraan keluarga yang ukuran relative kecil seperti sedan, SUV, suspensi jenis ini lebih nyaman digunakan dari pada pegas daun.

Pegas torsi, suspensi ini menggunakan sebuah batang torsi untuk menahan ayunan  kendaraan dengan memanfaatkan moment punter, pegas torsi ini masih digunakan dalam beberapa kendaraan niaga dan suspensi ini digunakan untuk suspensi depan, misal kijang.

Terdapat 2 jenis suspensi menurut bagaiman suspensi tersebut menopang roda yaitu:

Suspensi rigid, rigid artinya kaku,,jadi dalam menopang roda suspensi ini tidak bisa bergerak bebas, contohnya adalah suspensi belakang pada kendaraan Toyota kijang, Mitsubishi kuda dll, yang berpenggerak belakang.

Suspensi independent, namanya juga independen jadi suspensi ini bisa bebas, bebas naik turun sesuai kondisi jalan dalam menopang roda-roda, suspensi ini sebagian besar digunakan pada penggerak depan.

Beberapa masalah yang terjadi dalam system suspensi ini adalah :

mobil terasa ayunan lebih tinggi, penyebabnya adalah peredam kejut sudah rusak (bocor), perbaikan harus ganti peredam kejut yang baru

mobil terasa suspensinya keras, salah satu penyebabnya adalah peredam kejut terkunci, akibatnya peredam kejut tidak bisa bergerak naik atau turun kalaupun bisa itu karena beban yang berlabihan, pada umumnya kasus seperti ini terjadi pada suspensi yang diterapkan pada kendaraan-kendaraan mewah seperti corolla altis, yang suspensinya bisa mengunci jika dibiarkan lama-lama menggantung, penyebabnya adalah ada komponen yagn pecah dan menyumbat saluran fluida di dalam peredam kejut, sollusinya adalah ganti peredam kejut.

Suspensi bunyi saat jalan bergelombang, penyebab nya bisa karena peredam kejut sudah tidak fungsi, atau terdapat dudukan pegas atau komponen lain yang begesekan abnormal, jika  anda mengalami kejadian seperti ini lebih baik dibawa ke bengkel.

Catatan penting yang berhubungan dengan suspensi ini, anda harus mengenali jenis suspensi kendaraan  anda sebelum menggantungkan mobil anda pada saat dilakukan cuci atau service, karena hal ini sering terjadi, setelah mobil di gantung suspensi jadi keras, lebih amannya anda bisa menanyakan ke dealer resmi mobil anda, dan biasanya adalah suspensi kendaraan-kendaraan jenis sedan.



Sumber : www.google.co.I'd

0 comments:

Post a Comment