Thursday 14 February 2013

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla


Kedua mobil itu dibangun dan dikonsep oleh ahli desain otomotif asal Semarang, Jawa Tengah.
Carmall.com - Pabrikan kembar di bawah naungan PT Astra International Tbk, yaitu Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Company kompak menjawab tantangan pemerintah untuk menciptakan produk otomotif murah, kualitas tinggi dan ramah lingkungan.


Hari ini, Rabu (19/8) di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta, secara serempak keduanya memperkenalkan kendaraan kompak berkonsep green car,yaitu Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Dua kendaraan yang didapuk oleh anak bangsa tersebut, merupakan upaya Toyota dan Daihatsu untuk mengikuti program pemerintah LCGC (Low Cost Green Car).

Dalam kolaborasinya, dua pabrikan tersebut berbagi tugas. Daihatsu yang selama ini dikenal sebagai spesialis mobil compact, berperan mulai dari perencanaan, pengembangan dan produksi untuk Agya dan Ayla. Sedangkan Toyota lebih kepada bagaimana caranya kedua mobil berkapasitas lima penumpang itu bisa diterima di seluruh masyarakat Indonesia. 


Agya dan Ayla akan diproduksi di pabrik baru Astra Daihatsu Motor (ADM) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur. Kedua mobil itu dibangun, dirancang dan dikonsep oleh ahli desain otomotif asal Semarang, Jawa Tengah, yakni Mark Joshua Wijaya.

Mark selaku Senior Designer Agya dan Ayla mengaku bangga dapat menciptakan produk dalam negeri yang tidak kalah bagus dari mobil buatan luar negeri. "Saya sangat senang dengan apa yang telah saya lakukan untuk bangsa ini," ujar Mark.




MS Hidayat, Menteri Perindustrian RI yang hadir dalam acara peluncuran Agya dan Ayla mengatakan, pemerintah sudah memutuskan untuk menetapkan program LCGC sebagai program wajib. "Bukan hanya Toyota dan Daihatsu saja, seluruh APM di Indonesia kami tawarkan untuk berpatisipasi. Semua merek, tanpa terkecuali," katanya.

Menurut Hidayat, banyak yang tertarik dengan program ini. Selain Toyota dan Daihatsu, kendaraan merek Nissan dan Suzuki juga tengah menunjukkan kesiapannya untuk ikut serta melahirkan mobil-mobil LCGC.





Anda bisa melihat secara langsung sosok Agya dan Ayla di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 pada 20-30 September 2012 besok di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Wah, Salut deh,, kita tunggu merek lainnya berkreasi yah. (Putri/adi)


0 comments:

Post a Comment