Kijang merupakan salah
satu produk mobil andalan PT. Toyota Astra Motor atau TAM di Indonesia. Mobil
ini diproduksi sejak tahun 1977 dan sudah mengalami perkembangan dan perubahan
hingga saat ini. Panjanganya usia produksi mobil ini merupakan bukti bahwa
mobil ini memang memiliki tingkat loyalitas tinggi di kalangan konsumennya.
Nama Kijang ini dipertahankan dan menjadi
sebuah brand yang mendongkrak penjualan mobil Toyota. Bahkan hampir setengah
dari total penjualan Toyota disumbangkan dari penjualan mobil jenis Kijang ini.
Perkembangan tekhnologi yang digunakan dalam mobil jenis ini, hanya disikapi
dengan memberikan tambahan nama di belakang kata “kijang”. Hal ini ditujukan
agar masyarakat mudah mengenal produk Toyota tersebut adalah rangkaian dari
merk KIjang yang memang sudah dikenal masyarakat luas.
Ketika pertama keluar, jenis ini hanya
diberi nama “kijang”. Dalam perkembangannya, muncul varian baru yaitu “kijang
grand” beserta ragamnya. Mulai tahun 1997, muncullah varian Kijang baru yang
sering disebut sebagai Kijang Kapsul lantaran bentuknya mirip kapsul. Dan
terakhir, muncullah varian baru dari Kijang yaitu Kijang Innova yang merupakan
terobosan dari kijang kapsul.
Kijang Innova ini memiliki bentuk dasar
seperti kijang kapsul. Perbedaannya terletak pada ukuran yang lebih besar dan
lebih gagah dengan desain interior mewah. Selain itu, kapasitas mesin yang
diangkutnya pun lebih besar daripada pendahulunya.
Kelebihan Kijang
Dalam iklannya, Toyota selalu membawa
tagline “Kijang, memang tiada duanya”. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan
konsumen bahwa produk Kijang ini merupakan produk yang paling unggul di
kelasnya sehingga tidak ada produk lain yang menyamainya.
Selain itu ada beberapa kelebihan Kijang
yang menjadikan mobil ini tergolong salah satu jenis mobil legendaris karena
umur produksinya yang cukup panjang. Beberapa kelebihan Kijang di antaranya
adalah :
1. Mesin yang digunakan
memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. Sehingga, Kijang cukup tangguh untuk
menempuh berbagai macam tantangan di jalan.
2. Kapasitas penumpang yang
cukup banyak dengan ruang yang lapang menjadikan penumpang cukup nyaman selama
dalam perjalanan.
3. Layanan purna jual yang
cukup banyak dan mudah karena disediakan selama 24 jam selama 7 hari non stop.
Termasuk pelayanan pada saat libur besar seperti hari raya Idul Fitri melalui
berbagai posko mudik yang disediakan Toyota.
4. Harga jual yang cukup
tinggi. Sehingga pemilik tidak akan memiliki banyak kerugian pada saat hendak
menjual kembali mobil kijang mereka.
5. Konsumsi bahan bakar
yang cukup irit untuk mobil dengan tenaga di kelasnya.
6. Bentuk mobil Kijang yang
selalu dinamis dan mengikuti perkembangan jaman sehingga tidak akan terlihat
kuno.
0 comments:
Post a Comment