Wednesday 10 October 2012

Perawatan MOBIL KIJANG LGX

Mobil Toyota Kijang LGX dipasarkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1997, sampai dengan tahun 2004. Ada beberapa perbedaan yang terlihat pada Toyota Kijang LGK keluaran 1997-1999 dengan keluaran 2000-2004. Perbedaannya adalah, pada mobil keluaran 1999 keatas, mesin sudah menggunakan teknologi injection, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih bagus, dan penggunaan bahan bakarnya juga menjadi lebih irit.

Mulai tahun 2000, Kijang LGX selain mengeluarkan mobil berkapasitas 1.800 cc, juga mengeluarkan mesin jenis 2.000 cc. Mobil ini menjadi mobil yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Bisa dibilang, mobil ini adalah mobil sejuta umatnya keluarga di Indonesia. Sedangkan untuk mobil keluaran 2003-2004, interior mobil ini berubah menjadi interior yang lebih elegan. Hal ini bisa dilihat dari pemakaian warna krem pada dashboard dan jok mobil tersebut. Selain itu AC double blower, power window, central lock dan power steering juga diikut sertakan untuk melengkapinya.



Keunggulan yang paling nyata yang bisa dilihat dari Toyota Kijang LGX ini adalah kapasitas penumpangnya yang cukup banyak, yaitu sebayak 7 seats. Selain itu mobil ini terkenal hemat bahan bakar, daya tahan mesin yang bandel, interior yang tergolong cukup mewah, perawatan yang mudah dan harga jual kembali yang relatif tinggi. Jadi tidak rugi banyak-banyak kalau seseorang ingin menjual kembali mobil ini.

Langkah perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat mobil ini adalah sebagai berikut:
  • Lakukan penggantian oli secara berkala, hal ini sangat berpengaruh pada keawetan mesin mobil.
  • Rajin memeriksa busi. Lakukan pergantian secara berkala dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan buku petunjuk mobil.
  • Ganti timing belt pada saat kilometer mobil mencapai 40.000-45.000.
  • Rawatlah sistim pendingin mobil dengan baik. Jangan membiarkan kerusakan kecil, jika terjadi.
  • Lakukan tune up, maksimal pada kilometer mobil mencapai 10.000.
  • Periksa tekanan ban mobil saat akan dipakai.
  • Memeriksa rem mobil juga penting untuk menjaga komponen pengereman pada mobil Kijang LGX tersebut.
Dengan perawatan sederhana ini kemungkinan besar anda akan terhindar dari biaya tinggi untuk perawatan Toyota Kijang LGX tersebut. Karena pada dasarnya mobil ini adalah mobil yang cukup familiar bagi bengkel mobil yang ada di Indonesia.


0 comments:

Post a Comment