Friday, 12 October 2012

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


Kadang Kita Merasa Bingung Mobil Apakah Yang Merupakan Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia?



Semoga pengalaman pribadi saya bisa jadi salah satu referensi Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia. Mobil merupakan suatu harta yang mewah di desa saya. Satu desa yang memiliki mobil keluarga hanya 6 orang saja. Tetapi kalau mobil untuk angkat barang banyak punya.Mohon maaf, saya tidak sombong, saya hanya ingin berbagi tentang mobil keluarga, semoga saja bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Sebelum mempunyai mobil,keluarga saya sering berdiskusi tentang mobil keluarga yang ideal untuk di daerah saya.

Di daerah saya, kebanyakan keluarga menggunakan mobil merk Toyota sebagai mobil keluarga. Karena mobil ini dikenal dengan Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia tentu saja ini bukan sekedar iklan pemasaran dari televisi, koran, radio atau media lainnya namun berupa pengalaman pribadi.Akhirnya, diputuskan pada tahun 2008, keluarga saya membeli mobil  Toyota Kijang Super tahun 1991.Meskipun mobil ini tergolong tua umurnya tetapi termasuk mobil keluarga mewah di daerah kami. Keluarga saya masih memakainya sampai sekarang. Memang toyota tiada duanya, dipakai untuk perjalan naik turun gunung ataupun di daerah datar masih tetap handal.

Toyota Juga Merupakan Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia.

Selain saya menjadi sopir keluarga, saya pernah memakai mobil toyota Kijang Grand keluaran tahun 1996 yang saya pakai bersama teman teman untuk survey ke daerah pegunungan wonosalam.Yang diisi dengan dengan 8 orang beserta sopirnya ternyata masih mampu untuk melewati jalur pegunungan dengan lancar dan nyaman.Ini salah satu bukti kalau toyota merupakan mobil idaman keluarga. Selain itu, mobil tersebut irit dan gesit.

Mengapa saya pribadi mengatakan Toyota merupakan Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia?



Toyota selalu memiliki konsep teknologi yang canggih. Terbukti dengan toyota yang dari tahun ke tahun selalu memperkenalkan pada costumernya fitur fitur canggih dari mobil toyota.Teknologinya juga selalu berkembang dari tahun ketahun. Contoh nyata adalah mobil keluarga saya sendiri. Mobil Toyota Kijang Super 1991 belum mempunyai Power Steering sehingga saat memakai mobil tersebut memerlukan tenaga berat saat menggunakannya. Sekarang ini hampir semua mobil toyota produk terbaru memiliki Power Steering.Yang tujuannya untuk menambah kenyamanan berkendara, kebanyakan mobil-mobil modern menggunakan ban berukuran lebar dan bertekanan rendah, yang mampu menambah daerah kontak permukaan roda-ke-jalan. Sebagai hasilnya, diperlukan tenaga kemudi menjadi lebih berat.Dan masih banyak lagi teknologi yang di miliki toyota baik di lihat dari sisi mesin, keselamatan dan kenyamanan.
Coba bayangkan, Produk produk terbaru toyota : Avanza, Kijang Innova, Yaris, Camry, Alphard, Fortuner, Rush, Vios, Corolla Altis, Hilux, Dyna,Prius yang tentunya semuanya produk keluaran terbaru. Tentunya produk produk tersebut sangat handal dan tangguh di medan apapun. Karena mobil keluarga saya yang tahun 1991 masih tetap handal dan tangguh sekaligus masih bisa digunakan dengan kecepatan tinggi di medan yang lurus.Jadi tidak salah jika seseorang memilih toyota sebagai mobil keluarga idaman terbaik indonesia saat ini.
Saya pribadi sebagai pengguna mobil toyota merasa senang dan mobil tersebut merupakan mobil keluarga ideal.Adapun Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia kembali kepada pilihan kita sendiri. Kitalah yang tetap harus bisa lebih pintar mencari semua kriteria kepada mengarah kepada pilihan yang paling tepat.
Jika suatu saat anda memerlukan sebuah mobil yang tepat untuk kelurga anda, saya rasa tidak salah bila anda memilih pada mobil-mobil keluaran Toyota Astra sebagai pilihan yang paling bijak untuk Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia.
Sumber : Google.com


Price of TOYTA KIJANG INNOVA

Price of Toyota Grand New Kijang Innova as of Oktober 2012






GRAND NEW INNOVA GASOLINE 2.0IDR
Innova J Bisnis189.150.000
Innova J Manual200.300.000
Innova E Manual226.200.000
Innova E Automatic239.400.000
Innova G Manual245.500.000
Innova G Automatic259.050.000
Innova G Manual Luxury255.800.000
Innova G Automatic Luxury269.350.000
Innova V Manual282.100.000
Innova V Automatic296.050.000
Innova V Manual Luxury291.650.000
Innova V Automatic Luxury305.600.000


GRAND NEW INNOVA DIESEL 2.5
Innova E Manual241.650.000
Innova G Manual261.250.000
Innova G Automatic275.000.000
Innova V Manual297.550.000
Innova V Automatic311.500.000


Kelebihan Mobil TOYOTA KIJANG


Kijang merupakan salah satu produk mobil andalan PT. Toyota Astra Motor atau TAM di Indonesia. Mobil ini diproduksi sejak tahun 1977 dan sudah mengalami perkembangan dan perubahan hingga saat ini. Panjanganya usia produksi mobil ini merupakan bukti bahwa mobil ini memang memiliki tingkat loyalitas tinggi di kalangan konsumennya.




Nama Kijang ini dipertahankan dan menjadi sebuah brand yang mendongkrak penjualan mobil Toyota. Bahkan hampir setengah dari total penjualan Toyota disumbangkan dari penjualan mobil jenis Kijang ini. Perkembangan tekhnologi yang digunakan dalam mobil jenis ini, hanya disikapi dengan memberikan tambahan nama di belakang kata “kijang”. Hal ini ditujukan agar masyarakat mudah mengenal produk Toyota tersebut adalah rangkaian dari merk KIjang yang memang sudah dikenal masyarakat luas.

Ketika pertama keluar, jenis ini hanya diberi nama “kijang”. Dalam perkembangannya, muncul varian baru yaitu “kijang grand” beserta ragamnya. Mulai tahun 1997, muncullah varian Kijang baru yang sering disebut sebagai Kijang Kapsul lantaran bentuknya mirip kapsul. Dan terakhir, muncullah varian baru dari Kijang yaitu Kijang Innova yang merupakan terobosan dari kijang kapsul.

Kijang Innova ini memiliki bentuk dasar seperti kijang kapsul. Perbedaannya terletak pada ukuran yang lebih besar dan lebih gagah dengan desain interior mewah. Selain itu, kapasitas mesin yang diangkutnya pun lebih besar daripada pendahulunya.

Kelebihan Kijang
Dalam iklannya, Toyota selalu membawa tagline “Kijang, memang tiada duanya”. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk Kijang ini merupakan produk yang paling unggul di kelasnya sehingga tidak ada produk lain yang menyamainya.
Selain itu ada beberapa kelebihan Kijang yang menjadikan mobil ini tergolong salah satu jenis mobil legendaris karena umur produksinya yang cukup panjang. Beberapa kelebihan Kijang di antaranya adalah :

1.   Mesin yang digunakan memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. Sehingga, Kijang cukup tangguh untuk menempuh berbagai macam tantangan di jalan.
2.   Kapasitas penumpang yang cukup banyak dengan ruang yang lapang menjadikan penumpang cukup nyaman selama dalam perjalanan.
3.   Layanan purna jual yang cukup banyak dan mudah karena disediakan selama 24 jam selama 7 hari non stop. Termasuk pelayanan pada saat libur besar seperti hari raya Idul Fitri melalui berbagai posko mudik yang disediakan Toyota.
4.   Harga jual yang cukup tinggi. Sehingga pemilik tidak akan memiliki banyak kerugian pada saat hendak menjual kembali mobil kijang mereka.
5.   Konsumsi bahan bakar yang cukup irit untuk mobil dengan tenaga di kelasnya.
6.   Bentuk mobil Kijang yang selalu dinamis dan mengikuti perkembangan jaman sehingga tidak akan terlihat kuno.



Ciri Super KIJANG th 1987 - 1996





Memilih mobkas Toyota Kijang keluaran Astra, gampang-gampang susah. Apalagi produksi 1987-1997, karena memiliki kesamaan bentuk sehingga sering bikis silap mata calon pembeli. Disangka tahun muda, eh taunya Cuma diupgrade. Ketimbang nyesel, sebelum beli mending pelajari dulu ciri khasnya. Mulai eksterior, interior sampai mesin.Pra-Pasca '92
Sebelum lebih jauh, kita bahas dulu silsilah keluarga kijang. Gampangnya dibagi berdasarkan waktu periode produksi yang terdiri 4 dekade.


Generasi pertama, kelahiran 1975-1987, ngetop disebut Kijang Buaya. Dijuluki begitu karena bentuk depannya mirip moncong reptil ganas itu.

Selanjutnya, angkatan 1987-1992. Kontor bodi sedikit diperbaharui jadi lebih bulat dan aerodinamis, disebut Super Kijang. Pada model ini diperkenalkan tekhnologi karoseri Full Pressed Body.

Setelah 5 tahun diproduksi, dilanjutkan model Grand. Tepatnya, 1992-1997. Sebenarnya, Grand hanya salah satu varian dari Kijang Super generasi kedua yang digembar-gemborkan benar-benar bebas dempul lewat Toyota Original Body-nya. Terakhir, 1997-2000, Toyotat Astra meluncurkan Kijang Kapsul.
Nah, agar lebih mudah menentukan cirri khas kedua tipe itu, sebaiknya kita bagi jadi 2 periode. Yakni pra dan pasca '92. Cermati perbedaannya, dari eksterior, interior sampai ke mesin.


Eksterior
Pada hidung Toyota Kijang pra '92, tampak gril hitam dengan arah vertical. Sementara, pelindung radiator pasca '92 berbentuk horizontal warna silver. Bentuk lampu sama, empat persegi panjang, namun pada kijang pra '92, ukurannya lebih kecil dibanding tahun ssudahnya. Dilindungi lis dari bahan sejenis grilnya. Sedangkan lampu utama pasca '92, lebih besar dan tidak pakai bingkai.

Kebagian bawah, bumper Kijang Super terdiri dari 2 bagian. Bagian tengah berbahan pelat besi dikombinasi karet di samping kiri-kanannya. Kalau Grand, bermaterial campuran fiber. Bentuknya pun lebih bulat nan aerodinamis.

Bagian 'pantat', paling mudah dibedakan. Melongok ke bawah ada sebuah tangki bensin. Berarti, Kijang ini produksi antara 1987-1992 (super). Tetapi bila di situ bukan penampung bensin. Melainkan ban serep, berarti produksi di atas 1992 (Grand).


Ciri lain, lampu belakang. Pra '92, kaca/mikanya diikat 6 sekrup dan bial dicopot, dapat terpisah dengan casing. Adiknya, hanya punya 4 baut dan tidak dapat dipisahkan.

Interior
Pada kedua periode Kijang itu, tidak banyak mengalami perubahan. "Bedanya hanya warna dasbor dan door trim," jelas Adi Widiyanggodo, service advisorPT Astra International Tbk-Toyota cabang Pluit, Jakarta Utara.

Untuk pra '92 ke bawah, dasbor berkelir cokelaat muda. Door trim, kombinasi antarar kain dan kulit sintetis. Sedang tahun mudanya, diberi warna kalem:abu-abu. Bekleding pintu dilapisi jenis beludru.

Mesin
Kekhasan dapur pacu Kijang pra dan pasca '92 dapat dibedakan dari warna tutup kepala silider, bentuk karburator dan penggunaan jenis rumah setir. Sedang pasca '92, berkelir abu-abu besi. Pemasok bensin pra '92 jauh lebih kecil dibanding pasca.

Sumber: Majalah Manly
.



Thursday, 11 October 2012

khalayak ramai dengan TOYOTA KIJANG

A. kijang super ialah



















1. kijang produksi 87-sampai 96 yang menggunakan karoseri ASTRA, NCH, Superior...
2. kijang super tahun 87-1995 menggunakan mesin 5K atau 1500cc sedangkan tahun 1995 akhir sampai 96 sudah menggunakan mesin 7K atau 1800cc...
3. Kijang ini menggunakan 2 tipe sasis KF40 buat short dan KF50 buat yang Long..
4. Kijang super tahun 1987-1992 masih menggunakan kaca geser di bagian tengah dan belakang sedangkan tahun 1993-1996 kaca geser ditengah tetap tapi menggunakan kaca Tiptop dibagian belakang..
5. Kijang model ini diminati karena mesinnya yang bandel dan body yang familiar...

B Kijang Rover dan Jantan:





















1. Kijang produksi 87-sampai 96 yang menggunakan karoseri Rover / Jantan yang merupakan karoseri rakitan lokal....
2. kijang super tahun 87-1995 menggunakan mesin 5K atau 1500cc sedangkan tahun 1995 akhir sampai 96 sudah menggunakan mesin 7K atau 1800cc...
3. Kijang ini menggunakan 2 tipe sasis KF40 buat short dan KF50 buat yang Long..
4. Kijang Rover / Jantan menggunakan kaca putar bagian tengah dan kaca Tiptop untuk yang belakang
5. Untuk karoseri ini biasanya sudah dilengkapi fasilitas yang Lebih dari super seperti AC DB, PS, PW, Dsb.

C Kijang Grand Extra




















1. Merupakan Kijang Super Edisi Lengkap diproduksi akhir taon 1992-1996 yang sudah dipersenjatai dengan PS, PW untuk bagian Depan, AC Double Blower, RPM, Dashboard Sedan, SideFender dan Footstep... 
2. Untuk Tahun 1992 - 1995 awal masih menggunakan mesin 5K 1500CC dan Tahun 1995 Akhir menggunakan mesin 7K 1800cc 
3. Kijang ini jugamenggunakan 2 tipe sasis KF40/ SGX buat short dan KF50 buat yang Long /LGX.



Cara-cara mudah menghilangkan jamur pada kaca mobil




Kaca mobil yang buram karena banyak kotoran atau jamur yang menempel, tentu akan mengganggu pemandangan. Bahkan, pada malam hari, pandangan pengemudi terhalang. Akibatnya pun fatal.

Penyebab timbulnya jamur di kaca mobil bermacam-macam. Selain karena mobil kerap di parkir di tempat yang lembab, kotoran atau debu yang menempel dan tak segera dibersihkan juga turut memicu suburnya jamur di kaca mobil.

“Oleh karena itu membersihkan mobil, khususnya kaca, sangat disarankan,” kata Sigit, seorang pedagang mobil di Bursa Mobil Serpong, Tangerang, Jumat 22 April 2011.

Hanya, untuk membawa mobil ke salon mobil saban hari juga terasa berat. Selain ongkosnya mahal, para pemilik juga belum tentu mempunyai waktu.

Namun tak usah khawatir. Bila tidak sempat ke salon mobil, Anda bisa membersihkan jamur dan noda di kaca mobil. Caranya pun mudah dan bahan serta alat yang dibutuhkan juga sederhana.

“Dengan kata lain, cara ini sangat mudah dan murah. Hasilnya memuaskan, tidak kalah dengan salon mobil,” kata Sigit yang mengaku kerap melakukannya di mobil yang bakal ia pasarkan.

Lantas apa saja peralatan atau bahan itu? Bagaimana cara melakukannya. Berikut tips dari Sigit :


1. Gunakan minuman soda

Anda tentu sering melihat atau bahkan pernah mengkonsumsi minuman soda gembira. Nah, untuk membersihkan jamur di kaca yang membandel kita membutuhkan minuman soda, ingat hanya minuman soda saja.

Namun, sebelum membersihkan jamur atau noda, bersihkan dahulu kaca mobil yang berjamur atau bernoda tersebut. Tetapi ingat, jangan diguyur air. Hal itu dimaksudkan agar unsur kimia yang ada di minuman soda itu tidak bersenyawa dengan air.

“Karena kalau sudah bercampur dengan air, maka unsur itu akan terurai sehingga tidak manjur lagi,” kata Sigit.

Setelah kaca dibersihkan, proses pembersihan bisa dimulai. Caranya ambil lap bersih yang kering, kemudian basahi dengan cairan atau minuman soda itu dan gosok-gosoklah. Ulangi cara itu beberapa kali hingga noda atau jamur hilang.



2. Siram dengan air tembakau

Cara lain yang cukup ampuh untuk menghilangkan noda atau jamur di kaca adalah dengan menggunakan air tembakau. Caranya, ambil segenggam tembakau kering lalu rendah dalam segayung air bersih.

Ingat, pastikan air tidak bercampur dengan sabun atau detergen dan berbagai zat lain. Gunakan air dingin yang belum direbus. Rendam tembakau selama 10 -15 menit.

Sembari menunggu rendaman tembakau, bersihkan kaca mobil yang akan dibersihkan. Gunakan air bersih dingin. “Pastikan air yang digunakan tidak bercampur sabun, detergen, atau zat lain,” Sigit mewanti-wanti.

Setelah kaca disiram air dan cukup kering, siram dengan menggunakan air rendaman tembakau lalu gosong-gosoklah dengan busa yang kering dan bersih. Lakukan berulang-ulang hingga jamur kaca hilang, dan bilas kaca dengan air bersih.


3. Lakukan pencegahan


Untuk mencegah jamur atau noda di kaca mobil, sebaiknya langsung menyiram atau mencuci mobil, terutama kaca sesaat setelah mobil kehujanan. Bila, tidak sempat mencuci atau mengguyur dengan air, bersihkan kaca dengan kemoceng kering atau mengelap dengan lap kanebo yang basah.

Upayakan jangan parkir di area yang langsung terkena sinar matahari secara langsung. Pasalnya, radiasi sinar ultra violet bisa menjadikan kotoran – terutama yang cair- menempel kuat. Bahkan, bila tak segera dibersihkan kotoran akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi jamur.



Cara membersihkan Head Lamp mobil yang Buram


Berkendara pada malam hari sangat tergantung pada lampu utama yang ada di kendaraan kita. Sehingga jikaheadlampkendaraan kita buram, bisa petaka. Karena otomoatsi lampu utama tidak terang membuat pandangan kita saat mengemudi jadi terganggu.
Untuk mengetahui kenapa headlamp kendaraan kita buram, maka perlu diketahui, bahwa ada dua macam lapisan headlamp. “Ada yang dari kaca dan mika plastik, keduanya sama-sama bisa buram karena jamur atau karena lapisan vernis yang terkikis habis.
Sorot lampu tajam mengindikasikan headlamp mobil Anda berfungsi baik. Celakanya, bila tidak diperhatikan, justru performanya kian surut seiring berjalannya waktu. Selain hal teknis, bisa jadi mengabaikan perawatan akan mendatangkan petaka. Permukaan batok headlamp menjadi lebih kusam dan buram. Akibatnya, sinar yang dipancarkan menjadi bias akibat permukaan lampu yang dilapisi kotoran.

“Kondisi lingkungan di jalan, seperti asap kendaraan hingga serpihan aspal membuat hal ini terjadi. Belum lagi perawatan yang minim memperburuk kondisi lampu kendaraan,” kata Daniel Saputra dari Show Car Garage.
Tidak ada kata lain untuk mengantisipasi hal ini, perawatan headlamp diperlukan segera. Minimal 2 minggu sekali, Anda mesti melakukan perawatan ini.
Asyiknya lagi, perawatan headlamp buram ini bisa dilakukan sendiri alias do it yourself (DIY). Yang penting, Anda mesti mempersiapkan bahan dan perlengkapan.
Aplikasinya pun mudah. Hanya saja, pengaplikasian langkah DIY ini, dengan asumsi tingkat kusamnya headlamp tidak terlalu parah. Langkah-langkah ini dapat Anda lakukan.
Akan tetapi, bila tingkat kusamnya sudah parah, bahkan jika jamur mulai tumbuh, tak ada pilihan lain, Anda harus menyerahkan pembersihannya kepada profesional. Yup, bersihkan headlamp di salon mobil langganan.

Selain untuk memastikan hasil kerjanya, proses pengerjaan headlamp yang sangat kusam butuh skill dan alat yang memadai. Untuk biayanya, biasanya salon mobil mematok banderol satu kendaraan antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.
Nah, jika headlamp sudah kembali cemerlang, derita akibat permukaan yang buram pun tak lagi mengganggu Anda.

PROFESIONAL

* Ampelas nomor 1000-2000
* Alat poles
* Spons
* Cairan pembersih
* Anti-jamur

Mekanisme:

1. Cuci mobil Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan treatment ini.
2. Ampelas permukaan headlamp secara perlahan sesuai kebutuhan. Upayakan menyeluruh agar hasilnya bisa maksimal.
3. Bila ada jamur, berikan cairan anti-jamur untuk menghilangkannya.
4. Bubuhi cairan pembersih langsung di permukaan headlamp atau pada spons untuk diaplikasikan.
5. Kemudian gunakan alat poles dengan kecepatan putar yang tinggi pada 2.000 rpm dan pekerja profesional berperan di sini untuk menanganinya.
6. Setelah itu, sentuhan akhir, kain mikro- fiber menjadi pilihan. Usap dan pastikan permukaan menjadi bersih dan bening. 

DO IT YOUR SELF
Bahan-bahan:

* Cairan pembersih headlamp
* Spons
* Kain mikrofiber

Mekanisme:

1. Usahakan untuk mencuci mobil terlebih dahulu agar mendapat hasil maksimal.
2. Berikan cairan pembersih pada permukaan headlamp.
3. Agar lebih merata, bubuhi pula bagian spons sekaligus usap secara merata di sekujur permukaan headlamp.
4. Setelah itu, untuk mengangkat kotoran dan mengeringkan permukaan, gunakan lap mikrofiber.
5. Lakukan berulang di setiap sudut permukaan headlamp. Permukaan bersih dan bening menjadi idaman.

HEADLAMP KACA LEBIH MUDAH
Bicara soal perawatan, terutama headlamp, model batok kaca ternyata lebih mudah. Apalagi bila dibandingkan dengan model sekarang, yang notabene banyak mengadopsi plastik pada batok headlamp.
Baik mobil produksi Jepang ataupun Eropa lawas, batok kaca mendominasi lansiran produk mereka. Sementara untuk hasilnya, model lawas ini lebih cling ketimbang headlamp plastik. Hanya saja, butuh langkah ekstra untuk itu.
“Untuk batok kaca, mesti dibuka sekaligus sealant untuk hasil maksimal. Pembersihan bagian dalam dan luarnya lebih maksimal serta cukup dengan busa sabun. 

source:  www.autobildindonesia.com